Skip to main content

Menjadi Standar Sempurna Bermain Sepak Bola, Inilah Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional

Menjadi Standar Sempurna Bermain Sepak Bola, Inilah Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional - Bukan suatu hal yang asing ketika suatu pertandingan memiliki ketentuan. Seperti pemain, wasit dan sejenis, kelengkapan alat, termasuk arena yang akan digunakan haruslah memenuhi syarat. Jika salah satunya tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku maka pertandingan pun tidak bisa atau tidak akan terlaksana.
Ukuran lapangan sepak bola nasional

Demikian halnya dengan sepak bola, dalam permainan sepak bola pun terdapat beberapa ketentuan yang harus dan wajib dipenuhi sebagai syarat agar terlaksananya suatu pertandingan sepak bola. Tidak hanya soal jumlah pemain dan wasit atau hakim garis yang harus memadai, ukuran lapangan sepak bola nasional pun sangatlah diperhatikan.
Mengacu pada standar yang telah dipakai sejak tahun 1863 hingga disempurnakan pada tahun 2008. Walaupun belum ditetapkan secara resmi, namun penggunaan standar ini sudah menjadi acuan dalam setiap pertandingan sepak bola yang diselenggarakan secara nasional maupun internasional.
Lapangan pertandingan sepak bola merupakan suatu permukaan tanah lapang untuk sebuah pertandingan sepak bola yang pada umumnya berupa lapangan yang terbuat dari rumput alami atau juga dapat terbuat dari rumput sintetis. .
Menjadi acuan bagi ukuran lapangan sepak bola nasional, ukuran lapangan internasional yang sering dipakai adalah memiliki panjang 90 sampai 120 meter dengan lebar 45 - 90 meter. Adapun lingkaran tengahnya memiliki radius 9,5 meter, panjang kotak penalti sepanjang 40 meter,  lebar kotak penalti 16,5 meter dan titik jarak tendangan penalti sejauh 11 meter. Sedangkan area gawang memiliki 18,32 meter x 5,5 meter, dan gawangnya memiliki tinggi 2,4 meter dengan lebar 7,3 meter.
Ukuran lapangan sepak bola nasional

Pertandingan sepak bola nasional merupakan pertandingan yang diadakan dalam skala dalam negeri. Tidak seperti lapangan sepak bola internasional, untuk ukuran lapangan sepak bola nasional memiliki ukuran yang cenderung lebih sempit berhubungan dengan skala atau ruang cakup yang tidak semegah atau seluas skala internasional.
Lapangan sepak bola nasional memiliki ukuran standar yaitu panjangnya berada pada kisaran antara 90 meter sampai 120 meter. Sedangkan kriteria panjang dan lebar yang dapat memenuhi persyaratan adalah 45 meter hingga 90 meter. Ketentuan ini sudah berlaku sejak lama.
Apabila secara rincinya, lapangan sepak bola nasional memiliki lingkaran tengah lapang dengan radius 91,5 meter, kemudian untuk ukuran kotak kiper sebesar 18,30 meter x 5,5 meter, dan luas area kotak pinalti yang disediakan tepat berada didepan gawang memiliki ukuran 40,3 meter x 16,5 meter.
Ukuran lapangan sepak bola nasional

Tentu saja, apabila ukuran lapangan sepak bola nasional baik panjang, lebar ataupun kotak pinalti dan sebagainya tidak dapat memenuhi standar yang telah menjadi ketentuan wajib, maka lapangan tersebut tidak layak atau tidak dapat digunakan sebagai arena pertandingan sepak bola. Hal ini penting, mengingat kebutuhan  dalam merealisasikan aturan permainan serta untuk kenyamanan para pemain agar leluasa dalam bermain sepak bola tersebut.
Area lapangan tentunya menjadi bagian penting untuk diketahui bagaimana ketentuan dan keharusan agar terselenggara dengan baik dan menjadi pengetahuan dasar yang harus difahami serta ditelaah sebelum memainkannya.
Tentunya ukuran lapangan sepak bola nasional tidak dapat dibuat atau digunakan secara sembarangan, karena sudah tertulis pada pedoman kesepak bolaan yang tidak dapat diganggu gugat atau diubah sedikitpun, kecuali atas ketentuan markas utama skala internasional yaitu FIFA.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar